ahlan wa sahlan

Semoga bermanfaat," Sampaikanlah Walau Hanya Satu Ayat"

Selasa, 05 Juni 2012

global warming


Kehidupan alam yang begitu tenang, indah dan damai terusik ketika terjadi perubahan sautu hal. Pemanasan global. Iklim yang berubah dengan begitu cepat yang terjadi karena ulah manusia sendiri. Penebangan hutan secara liar menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini semakin di perparah dengan pembakaran hutan dan pembakaran gas. Revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya membawa suatu keberkahan seperti dalam bidang kesehatan dan komunikasi, menimbulkan suatu tanggung jawab baru.
            Akibat yang harus kita pikirkan dari berkembangnya industry dan ilmu pengetahuan salah satunya adalah meningkatnya suhu bumi dengan sangat cepat. Menurut data suhu di atmosfir, 10 tahun terpanas terjadi pada14 tahun terakhir dengan suhu terpanas terjadi pada tahun 2005. Salah satu efeknya yaitu gelombang panas yang terjadi pada tahun 2003 di Eropa menewaskan sedikitnya 35.000 jiwa. Selain itu, badai Katrina yang terjadi pada 2005 lalu menyebabkan banjir dan menelan korban jiwa yang begitu banyak.
            Semua hal ini terjadi karena meningkatnya karbon di atmosfir dengan sangat cepat. Dampat yang terjadi pada bumi sangatlah dahsyat. Pegunungan yang dulu diselimuti lapisan es dan gletser seperti pegunungan Kilimanjoro dan Alpen, kini mulai menghilang. Bahkan, di Himalaya terjadi masalah yang sangat serius. Sekitar 40% penduduk dunia bergantung pada air yang berasal dari pegunungan tersebut dan teramcam kekeringan karena melelehnya gletser. Lautan es di Patagonia pun ikut menghilang saat ini. Bagaimana ini terjadi? Satu hal yang berkaitan sangat kuat yaitu jika ada lebih banyak karbondioksida, maka suhu udara meningkat karena menahan lebih banyak udara panas dari sinas matahari di dalam yang kita sebut dengan efek rumah kaca.
            Akibat lain yang ditimbulkan pemansan global bukan hanya lebih banyak terjadinay banjir, tetapi juga kekeringan. Yang lebih berbahaya yaitu naiknya permukaan laut akibat mencairnya es di Greenland maupun kutub. Jika Greendland mencair, atau setengah Greenland dan antartika barat mencair, maka akan menghilangkan pulau-pulau kecil dan daerah pesisir. Ratusan juta jiwa akan kehilangan tempat tinggal dan nyawa. Bahkan, Belanda akan hilang dari peta dunia karena terendam air laut.
Apa yang harus kita lakukan? Apakah kita hanya harus siaga pada aksi terorisme? Tidak!!kita harus mulai peduli pada masalah lain, yaitu masalah lingkungan, karena masalah ini berdampak pada bumi kita. Dapatkah kita mengurangi terjadinya pemanasan global? Tentu saja bisa! Gunakan peralatan hemat energi, kurangi emisi kendaraan dan industry. Guanakn energy yang bisa diperbaharui. Suarakan kepedulianmu pada dewan kongkes. Tanam pohon sebanyak- banyaknya, dan bantulah para petani menanam tanaman biofuel. Ajaklah semua orang untuk mengurangi pemanasan global, cintailah lingkungan dan bumi ini. Hal terakhir yang anda lakukan adalah berdoa. Lakukan yang terbaik yang anda bisa untukmenyelamatkan bumi kita. Let’s Go, Save Our Earth!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar